Manfaat Konsumsi Buah Pir Untuk Kesehatan Tubuh Kita


Seni Pertanian - Buah pir adalah salah satu buah yang harganya cukup terjangkau dan mudah ditemukan. Ia menjadi favorit banyak orang karena memiliki perpaduan rasa manis, masam, dan renyah saat dimakan. Selain itu, buah ini juga dianggap sebagai salah satu asupan makanan dengan gizi yang seimbang. Ia memiliki kandungan gizi yang sangat melimpah dan beragam.

Seperti buah-buahan pada umumnya, zat gizi yang paling banyak terdapat pada buah pir adalah vitamin, mineral, dan serat. Oleh karena itulah, manfaat buah pir cukup banyak dan cocok untuk dijadikan sebagai camilan sehat setiap hari untuk keluarga.

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan
Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pir yang akan kamu dapatkan jika dikonsumsi secara rutin.

• Mencegah Sembelit
Tahukah kamu bahwa kandungan serat pada buah ini cukup tinggi? Hal ini pun menjadikannya sebagai buah yang efektif untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Kamu cukup mengonsumsi satu buah pir ukuran sedang dan kamu akan memenuhi 22 persen kebutuhan serat dalam sehari. Selain itu, buah ini juga kaya akan kandungan sejenis serat yang disebut pektin. Senyawa ini diduga mampu meringankan sembelit dan mendukung pertumbuhan bakteri usus baik.

• Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat buah pir yang selanjutnya berasal dari zat antioksidan yang disebut prosianidin. Zat ini diyakini bisa mengurangi kekakuan pada jaringan jantung, menurunkan kolesterol “jahat” LDL, dan juga meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu, manfaatnya juga hadir dalam kulit buah pir yang mana mengandung antioksidan lain berupa quercetin. Zat ini diyakini bisa memelihara kesehatan jantung dengan cara mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah.

• Menjaga Kesehatan Tulang
Buah ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral penting untuk kesehatan tulang, seperti vitamin K dan boron. Vitamin K bersama mineral lain, seperti kalsium, magnesium, dan fosfor akan bekerja sama untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Di sisi lain, boron juga berperan dalam menambah kepadatan mineral tulang, menjaga kadar vitamin D dalam tulang, dan meredakan peradangan di sekitar tulang. Seperti yang kamu tahu, berbagai fungsi ini merupakan kunci dari tulang yang kuat dan padat.

Namun, kamu juga bisa cek kebutuhan medis seperti suplemen untuk menjaga kesehatan tulang di toko kesehatan Halodoc. Pesanan kamu pun bisa segera tiba kurang dari satu jam dalam kondisi yang aman dan tersegel. 

• Menurunkan Risiko Diabetes
Diabetes adalah salah satu penyakit yang cukup banyak dialami. Untungnya di dalam buah pir terdapat senyawa flavonoid yang diduga mampu menurunkan risiko penyakit diabetes. Mereka yang rutin mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran seperti pir juga berisiko lebih rendah mengalami diabetes. Pir juga hadir dengan indeks glikemik rendah yang berarti buah ini tidak akan meningkatkan gula darah dengan cepat.

• Penurun Berat Badan
Jika kamu tengah menjalani diet untuk menurunkan berat badan, buah ini bisa menjadi makanan yang cocok. Ini karena buah ini kaya akan kandungan serat dan air. Selain itu, buah dengan nama ilmiah Pyrus communis ini juga rendah lemak, kalori, dan kolesterol. Semua ini adalah kombinasi tepat untuk kamu yang sedang berjuang menurunkan berat badan.

• Memerangi Kanker
Nyatanya pola makan sehat yang banyak mengandung buah, terutama pir, dapat berpotensi melindungi tubuh dari ancaman kanker. Manfaat ini kemungkinan berasal dari dua zat antikanker pada buah ini, yakni antosianin dan asam sinamat. Selain itu, berkat kandungan flavonoidnya, kamu akan mengalami penurunan risiko kanker payudara dan ovarium. 

Penulis: Agy Umbara

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Konsumsi Buah Pir Untuk Kesehatan Tubuh Kita "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel