Beberapa Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Kita


Seni Pertanian - Pepaya atau Carica papaya L adalah salah satu buah yang tumbuh subur di Indonesia. Buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan ini rasanya manis dan dagingnya padat.

Selain enak, buah berwarna oranye ini memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Salah satunya membantu melancarkan buang air besar.

Dilansir dari laman Halodoc, dalam 152 gram buah pepaya memiliki banak nutrisi seperti Karbohidrat 15 gram, Serat 3 gram, Kalori 59 kakal, Vitamin C 157 persen dari kebutuhan harian, Protein 1 gram, Vitamin A 33 persen dari kebutuhan harian, Folat 14 persen dari kebutuhan harian, hingga Potasium 11 persen dari kebutuhan harian. Tak hanya itu, buah pepaya juga mengandung nutrisi lain seperti Magnesium, Vitamin B, Vitamin K, dan Kalsium. Pepaya juga mengandung antiokdisan bernama Karotenoid salah satunya Likopen. Buah ini juga mengandung enzim papain.

Berikut ini Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan :

Melancarkan Buang Air Besar

Kandungan serat, folat, hingga Vitamin A, C, dan E mampu melancarkan sistem pencernaan. Tak hanya itu pepaya juga mengandung Papin dan Pektin yang mampu melamcarkan buang air besar. Tak hetan buah satu ini juga bisa menjadi obat pencahar alami.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat dari buah pepaya yakni mampu melancarkan sistem pencernaan. Ini terjadi karena buah pepaya memiliki enzim papain, chymopapain, caricain, hinga glycyl endopeptidae. Kadar enzim akan semakin tinggi bila buah pepaya dalam kondisi matang. Enzim tersebut mampu mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh.

Dalam penelitian Neoro Endocrinologu Letters, kelompok yang mengonsumsi formula dengan bahan dasar pepaya mampu menurunkan risiko sembelit dan perut kembung selama 40 hari.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari pepaya yakni menjaga kesehatan jantung. Sebab buah satu ini mengandung Vitamin C dan Likopen yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Pepaya juga mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan efek kolesterol baik dalam tubuh.

Mampu Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan Vitamin A dan Vitamin C pada buah pepaya mampu menjaga kesehatan kulit tetap sehat dan awet muda, lho. Keduanya mampu mengurangi tanda-tanda penuan dini seperti memudarkan bintik hitam, kusam, dan kerutan pada wajah. Enzim papain yang ada dalam buah pepaya mampu melembutkan sekaligus merevitalisasi kulit.

Dalam penelitian Photochemical and Photobiological Sciences, kandungan likopen pada buah pepaya mampu mengoptimalkan kesehatan kulit.
Kelompok perempuan yang secara rutin mengonsumsi likopen selama 12 pekan mampu menurunkan risiko kemerahan pada kulit akibat sinar matahari. Likopen juga bisa mencegah iritasi pada kulit karena paparan sinar matahari.

Mampu Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat lain dari buah pepaya yakni mampu menjaga kesehatan rambut. Kandungan Vitamin A mampu memproduksi sebum yang mampu menjaga kelembapan rambut.
Vitamin A juga bagus untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Mampu Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan Vitamin C pada buah pepaya mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Tak heran kandungan ini mampu mengoptimalkan sistem imun pada tubuh.
Dilansir pada jurnal Nutrients, vitamin C menjadi vitamin yang sangat penting untuk mengoptimalkan imun tubuh.
Ketika sistem kekebalan tubuh bekerja dengan optimal, maka akan mengurangi risiko terserang penyakit.

Meminimalisasi Terkena Penyakit Kanker

Kandungan likopen pada buah pepaya yang bersifat antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit termasuk kanker. Dengan mengonsumsi buah pepaya secara rutin, kamu akan mendapatkan banyak manfaat sekaligus mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Mampu Menyembuhkan Luka pada Lapisan Perut

Manfaat selanjutnya dari buah pepaya yakni mampu menyembuhkan luka pada lapisan perut dan sistem pencernaan. Kandungan nutrisi pada buah pepaya mampu membantu tubuh untuk menjaga kesehatan pada sistem pencernaan.

Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Selain mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, buah pepaya juga mampu menjaga kesehatan otak, dalam berbagai penelitian, buah pepaya mampu menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Mencegah Peradangan

Antioksidan pada buah pepaya juga mampu mencegah munculnya peradangan pada tubuh. Peradangan kronis mampu memicu munculnya berbagai penyakit.
Dengan mengonsumi buah pepaya secara rutin, maka akan mencegah risiko tertekana peradangan kronis.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan zeaxanthin pada buah pepaya mampu menjaga kesehatan mata. Kandungan ini juga terbukti mampu mengurangi risiko degenerasi makula kara usia.

Melancarkan Menstruasi dan Nyeri

Kandungan enzim papain pada buah pepaya mampu mengatasi nyeri pada saat menstruasi sekaligus melancarkan menstruasi. Dengan rutin mengonsumi buah pepaya, maka siklus menstruasi yang tidak lancar akan lancar.

Meningkatkan Kesuburan Perempuan

Dilansir dari jurnal Foods, perempuan yang menggunakan ekstrak pepaya mampu memperpanjang kesuburan dan mencegah infertilitas pada perempuan.
Dengan rutin mengonsumsi buah pepaya akan meningkatkan keseburan perempuan

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan Vitamin K pada buah pepaya mampu menjaga kesehatan tulang. Buah pepaya mampu mencukupi kebutuhan Vitamin K untuk kesehatan tulang.

Mampu Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat lain dari buah pepaya yakni mampu mengontrol kadar gula darah. Kendati rasanya manis, namun buah pepaya memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga mampu mengontrol kadar gula darah.

Mampu Mengontrol Kolesterol

Kandungan antioksidan, flavonoid, hingga serat dalam buah pepaya mampu membantu mengontrol kolesterol

Mencegah Gejala Asma

Kandungan betakaroten mampu mengurangi gejala asam.Dengan mengonsumsi buah pepaya secara teratur dapat memberikan dukungan tambahan orang yang mengalami reisiko gangguan pernapasan.

Inilah beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh kita. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat untuk tubuh anda 

Penulis: Agy Umbara


 

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Kita"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel