Mengintip Budidaya Maggot Di Daerah Sleman Yogyakarta

Senipertanian - Bagi sebagian masyarakat, belatung dianggap menjijikkan. Tetapi bagi Henri Supranto, owner Omah Maggot Jogja, belatung yang sering juga disebut maggot atau larva dari lalat berjenis Black Soldier Fly (BSF) merupakan hewan yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. 

Henri memang dikenal sebagai pembudidaya maggot BSF di rumahnya yang terletak di Desa Melikan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ia memulai usaha ini sejak 2016 silam. Saat itu, Henri banyak belajar dari Adi Ahmad Abdillah, seorang pembudidaya maggot asal Cianjur, Jawa Barat. 

“Sebenarnya pada awalnya, saya beternak lele. Tetapi karena bahan makanannya berat dan keuntungannya sedikit, saya coba untuk cari alternatif. Dari situ saya bertemu Pak Adi Ahmad Abdiillah yang merupakan Ketua Koloni BSF Indonesia dari Cianjur. Saya belajar dari beliau, saya pelajari dan saya kembangkan. Ternyata maggot memiliki potensi yang luar biasa,” kata Henri.

Menurut Hendri, lalat BSF ini lain dari lalat biasanya. Di dalam tubuhnya mengandung zat antibiotic alami sehingga tidak membawa agen penyakit. Larva BSF atau biasa disebut maggot ini tidak menimbulkan bau busuk dan bukan sumber penyakit.

“Budidaya maggot ini mudah dikerjakan dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Keuntungannya juga lumayan besar karena semua bagian yang ada di maggot ini bisa dijual. Bahkan di masa pandemic COVID-19 ini, usaha maggot tidak terpengaruh,” tandasnya.

Henri menambahkan maggot BSF bisa membantu permasalahan sampah organic. Pasalnya maggot BSF ini bisa mengurai sampah-sampah organic dengan sangat cepat.

Menurutnya, usaha budidaya maggot merupakan usaha yang sangat menjanjikan. Apalagi masa panennya relatif cepat, hanya sekitar 15 hari.

“Untuk peternakan seperti unggas atau ikan, yang digunakan larvanya untuk pakan. Pupanya bisa digunakan untuk pupuk atau mencegah pencemaran logam berat. Lalat yang mati bisa dimanfaatkan untuk pakan ayam. Selanjutnya kasgot bisa digunakan untuk pupuk. Jadi semuanya bisa dimanfaatkan.

Belum ada Komentar untuk "Mengintip Budidaya Maggot Di Daerah Sleman Yogyakarta "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel