Menteri Pertanian Memuji Merauke Sebagai Surganya Pertanian


Seni Pertanian - Menteri Pertanian Republik Indonesia, Andi Amran Sulaiman menyatakan kekagumannya melihat potensi lahan pertanian di Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan dengan sumber air yang melimpah. Kabupaten Merauke sebelumnya telah menyandang predikat lumbung pangan nasional sebagaimana dicanangkan Presiden RI Joko Widodo sejak 2017 lalu dengan pembukaan lahan 1 juta hektar.

Dulu kami merintis di sini sawah 10.000 hektar dan sekarang produksinya sudah nampak, sudah berhasil. Dulu rencana kita kembangkan di sini sampai 1 juta hektar, ujar Amran Sulaiman kepada awak media saat di Bandara Mopah Merauke, Selasa sore.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Merauke selama hari (16-17 April 2024) dalam rangka suksesi program food estate. Menteri Pertanian Amran Sulaiman akan mengunjungi Distrik Tanah Miring yang menjadi kawasan pengembangan pertanian.

Untuk kedepan ini kita coba merintis, membangun, mencetak sawah 500.000 hektar karena lahannya sudah ada. Potensinya sangat bagus. Airnya melimpah dan seterusnya. Ini kita jadikan lumbung pangan, ujarnya.

Menteri Pertanian meyakini di tengah krisis pangan dunia dan dampak Elnino yang merajalela, pengembangan lahan pertanian melalui pembukaan lahan sawah di Kabupaten Merauke menjadi kekuatan program lumbung pangan nasional.

Saat ini ada elnino dan krisis pangan dunia, dan ini sangat strategis sehingga lahan yang sudah ada kita tingkatkan. Kemudian lahan yang 500.000 hektar akan kita garap. Semoga bisa selesai satu tahun kedepan. Menjadi lumbung pangan kita, kekuatan kita, kata Andi Amran.

Saya tadi lihat dari udara, di Merauke potensi lahannya luar biasa. Airnya sangat luar biasa. Dan inilah surganya pertanian di Timur Indonesia, ujarnya.

Selain Menteri Pertanian, Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia Muhammad Herindra juga dijadwalkan akan tiba pada hari Rabu (17/4/2024). Bupati Merauke, Romanus Mbaraka menjelaskan kunjungan kerja Menteri Pertanian dan Wakil Menteri Pertahanan ke Merauke ini dalam rangka suksesi program food estate.

Hari ini Menteri Pertanian dan besok Wakil Menteri Pertahanan akan tiba di Merauke dalam rangka suksesi program food estate di Merauke, kata Romanus Mbaraka.

Menurut Romanus Mbaraka Presiden Terpilih Prabowo Subianto memberikan atensi agar besok Indonesia memiliki ketahanan pangan yang kuat dan menjadi swasembada pangan.

Itu tekad beliau agar Indonesia ini sukses pangan. Salah satu turunan dari konsep itu, food estate akan kita coba kelola dengan baik, lintas departemen. TNI-Polri terlibat seluruhnya untuk kita kelola, karena Merauke memiliki potensi pertanian dalam skala yang besar dan industri, kata Bupati Mbaraka.

Dia menambahkan, selama ini pertanian di Kabupaten Merauke sudah coba dikelola dengan tenaga manusia dan skala rumah tangga oleh petani dan masing-masing kepala keluarga.

Kita upayakan dengan pengelolaan yang maksimal, kita akan mengarah pada industrialisasi pertanian. Selain dilakukan intensifikasi pertanian juga akan dilakukan ekstensifikasi pertanian di Merauke, tutupnya. 

Penulis: Agy Umbara

Belum ada Komentar untuk "Menteri Pertanian Memuji Merauke Sebagai Surganya Pertanian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel