Manfaat Mengonsumsi Biji Mahoni Sebagai Antikanker Dan Antidiabetes


Seni Pertanian - Buah mahoni berbentuk bulat seperti telur dengan permukaan keras berwarna cokelat. Biji mahoni berentuk pipih dengan warna cokelat kehitaman. Manfaat biji mahoni untuk kesehatan telah lama dijadikan obat herbal. Manfaat biji mahoni untuk kesehatan didapat dari kandungan flavonoid, saponin, dan alkaloidnya.

Flavonoid juga merupakan agen antioksidan yang kuat. Flavonoid membantu mengatur aktivitas seluler dan melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh. Efek anti inflamasi dan antioksidan dari flavonoid juga mendorong penelitian untuk mempelajari potensi mereka sebagai obat antikanker.

Manfaat biji buah mahoni untuk kecantikan kulit dan kesehatan tubuh manusia telah banyak dibuktikan oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Khasiat dan kegunaan biji buah mahoni bagi kesehatan adalah untuk mengobati alergi, diabetes (diabet), asam urat, obat gatal-gatal, malaria, sakit lambung (maag), menurunkan berat badan (diet), obat darah tinggi (hipertensi). Bagi wanita tanaman mahoni banyak dimanfaatkan oleh ibu hamil dan untuk kesuburan. Bagi pria, pohon mahoni dimanfaatkan untuk vitalitas.

Para pembudidaya ternak seperti ayam juga mengunakan mahoni untuk mengobati penyakit. Bahkan pemanfaatan dalam pertanian, mahoni dibuat menjadi pestisida.

Saponin dalam biji mahoni menunjukkan sifat antimikroba, menjaga tubuh terhadap jamur, bakteri, dan virus. Pada saat yang sama, mereka meningkatkan fungsi kekebalan dengan merangsang produksi sel-T. Saponin dalam biji mahoni bertindak sebagai antihistamin yang mampu melawan alergi.

Manfaat biji mahoni lainnya yaitu dapat membantu mengontrol gula darah, sehingga dapat menjadi pilihan pengobatan untuk diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan saponin pada biji mahoni memiliki efek hipoglikemik atau dapat menurunkan kadar gula darah, bahkan lebih baik dibandingkan jenis obat antidiabetes tertentu. Cara mengonsumsi biji mahoni untuk penderita diabetes adalah dengan cara menumbuk biji mahoni sampai menjadi bubuk, lalu disajikan dengan air hangat dan dapat diminum sebelum makan agar menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Selain itu juga dapat mengobati peradangan seperti, alergen, kuman, racun, dan zat pengiritasi lainnya dapat memicu peradangan yang menghasilkan gejala tidak nyaman. Flavonoid dapat membantu tubuh menghilangkan reaksi inflamasi sehingga gejala-gejala tersebut berkurang. Peradangan dapat menyebabkan demam, pilek, masalah pencernaan, dan alergi.

Meski manfaat biji mahoni telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional, ulasan secara ilmiah masih sangat terbatas. Tak banyak penelitian yang dapat membuktikan keamanan penggunaan biji mahoni sebagai obat herbal. Beberapa kasus gangguan hati juga pernah ditemukan pada orang yang mengonsumsi biji mahoni secara berlebihan.

Selain itu, konsumsi saponin dalam jumlah banyak dapat menyebabkan batu empedu. Saponin juga bersifat steroid, di mana penggunaannya yang berlebihan dapat menyebabkan infertilias, gangguan prostat, dan nyeri otot. 

Penulis: Agy Umbara

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Mengonsumsi Biji Mahoni Sebagai Antikanker Dan Antidiabetes"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel