Mengenal Beras Porang Dengan Brand Fukumi Asal Indonesia


Seni Pertanian - Fukumi adalah salah satu brand beras porang asal Indonesia yang produknya terbuat dari porang Indonesia. Apa itu porang? Porang adalah tanaman herbal yang tumbuh di sekitar hutan tropis dan termasuk jenis tanaman umbi-umbian. Banyak orang yang masih mengira bahwa beras porang sama dengan beras shirataki namun ternyata keduanya berbeda.

Beras shirataki terbuat dari tanaman konjac yang merupakan tanaman asli Jepang dan banyak tumbuh di negara Jepang dan China, sedangkan Fukumi beras porang terbuat dari tanaman porang yang merupakan tanaman asli Indonesia dan banyak tumbuh di pulau Jawa.

Konjac dan porang, keduanya memang tanaman jenis umbi-umbian dengan spesies yang sama yaitu Amorphophallus namun keduanya adalah tanaman yang berbeda.

Kandungan gizi sebuah produk perlu Anda cermati, apalagi bila produk merupakan produk makanan yang bisa menunjang kesehatan. Fukumi beras porang memiliki komposisi 48% tepung porang, tepung beras dan air, sedangkan kandungan gizinya terdiri dari protein, karbohidrat, dan garam yang jumlahnya bisa Anda cermati pada tabel dibawah ini.
Beras porang Fukumi tidak mengandung gula sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Pada tabel informasi nilai gizi menunjukkan bahwa kandungan gula beras Fukumi sebanyak 0 gram. Selain baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, Fukumi beras porang juga cocok digunakan untuk program diet.

Besaran kalori Fukumi beras porang dalam ukuran 40 gram beras porang mengandung 28 kkal. Coba Anda bandingkan dengan beras putih, kalori pada 100 gram beras putih sebesar 361 kkal, maka untuk ukuran 40 gram beras putih sekitar 144 kkal. Sangat jelas bahwa kandungan kalori Fukumi beras porang lebih sedikit dibanding beras putih, selisihnya hingga 116 kkal.

Kandungan karbohidrat pada beras porang Fukumi. Karbohidrat yang terkandung dalam Fukumi beras porang per 40 gram adalah sebanyak 32 gram, sedangkan pada 100 gram beras putih mengandung 79,48 gram karbohidrat. Jika 40 gram beras putih maka terdapat sekitar 32 gram karbohidrat. Artinya, kandungan karbohidrat keduanya tergolong sama sehingga akan menimbulkan rasa kenyang yang sama.

Beras Fukumi mengandung serat yang dapat mengikat garam empedu dan mampu merangsang pembentukan garam empedu baru sehingga kadar kolestrol dalam darah akan menurun. Serat ini disebut glukomanan.

Manfaat dari glukomanan adalah mengurangi kolestrol jahat, sebagai pengganti agar-agar dan gelatin, memperlambat pengosongan perut serta menciptakan rasa kenyang sehingga cocok untuk makanan diet dan penderita diabetes.

Penulis: Agy Umbara

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Beras Porang Dengan Brand Fukumi Asal Indonesia "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel