Cara Meningkatkan Hasil Pertanian


Seni Pertanian - Bagaimana cara meningkatkan hasil pertanian? Mewujudkan kesejahteraan bagi para petani merupakan suatu tantangan. Banyak hal yang perlu dilakukan dalam pewujudannya, seperti meningkatkan hasil pertanian, mulai dari prosedur tanam cara penjualan, yang mana keefektifan proses tanam akan mengoptimalkan biaya dan peningkatan hasil pertanian yang berkualitas.

Selanjutnya, hasil pertanian yang berkualitas akan meningkatkan volume penjualan, terlebih bila petani mempunyai akses ke pembeli yang luas dan langsung, sehingga efektivitas penjualan dapat terjadi. Lantas, bagaimana cara untuk meningkatkan efektivitas pejualan petani? Usaha apa sajakah yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi permasalahan pertanian? Berikut informasi lengkapnya!

Langkah-langkah cara meningkatkan penjualan pertanian

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan efektivitas penjualan atau cara meningkatkan pendapatan petani adalah edukasi para petani mengenai cara peningkatan nilai jual hasil pertanian. Para petani perlu benar-benar mengetahui jenis dan kualitas produk yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen.

Menghasilkan produk pertanian yang memenuhi keinginan konsumen dapat dilakukan dengan sejumlah cara. Mulai dari menetapkan standar kualitas produk pertanian, tak mengandalkan satu jenis produk atau komoditas pertanian, mengusahakan penggunaan kemasan spesial untuk menarik lebih banyak konsumen, hingga membuat inovasi pemasaran produk olahan sehingga produk pertanian dapat mempunyai nilai jual lebih besar.

Mendorong petani untuk tidak menjual seluruh hasil pertanian kepada tengkulak

Hubungan yang terjalin antara petani dengan tengkulak merupakan sebuah fenomena yang kerap dijumpai, khususnya pada masyarakat pedesaan. Tengkulak memberikan bantuan saat petani mengalami kesulitan, seperti peminjaman dana untuk modal pembibitan. Namun di saat musim panen, petani tersebut harus menjual hasil panen kepada tengkulak dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga pasar.

Tengkulak yang mencari keuntungan dari hal tersebut tentu saja membawa kerugian besar bagi petani. Ketidakberdayaan petani kepada tengkulak seperti ini bisa diputus mata rantainya dengan memanfaatkan kredit mikro yang ada di dalam solusi SKOTA Tani by Lintasarta. Petani pun dapat dengan bebas memilih menjual hasil panen kepada calon pembeli yang potensial melalui marketplace.


Melakukan inovasi dan perbaikan kualitas produk hasil pertanian


Mencoba inovasi dan perbaikan kualitas produk hasil pertanian sangat penting dilakukan untuk meningkatkan efektivitas penjualan petani. Para petani yang mengemas hasil pertaniannya dengan lebih menarik dapat menjaring lebih banyak konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan. Penting juga bagi para petani untuk tidak hanya mengandalkan satu komoditas hasil pertanian. Bila kualitas produk pertanian sudah baik, pintu keberhasilan produk pertanian dalam menembus pasar internasional bisa lebih terbuka. Jadi, dibutuhkan kerja sama antara para petani, eksportir, serta Pemerintah untuk menjaga komoditas pertanian yang akan diekspor untuk dapat memenuhi kualitas yang diharapkan. Dengan begitu, penjualan hasil pertanian pun akan semakin meningkat dan membawa dampak positif bagi para petani.


Penulis: Agy Umbara 


Belum ada Komentar untuk "Cara Meningkatkan Hasil Pertanian "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel