World of Coffee Trade Show 2025, Indonesia Akan Menjadi Tuan Rumah


Seni Pertanian - Kopi menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia dengan cita rasa yang telah diakui skala international. Tentunya, tidak salah untuk dipilih sebagai tuan rumah World of Coffee 2025.

World of Coffee 2025, rencananya akan diselenggarakan di Jakarta pada tahun 2025. Hal ini didukung oleh penandatanganan kesepakatan tuan rumah oleh CEO Specialty Coffee Association (SCA), Yannis Apostolopoulos, CEO Exporum Inc., Danny Shin dan Ketua Umum Asosiasi Spesial Kopi Indonesia (AKSI SCAI), Daryanto Witarsa di Busan Korea Selatan.

World of Coffee Jakarta akan berlangsung pada 15 - 17 Mei 2025 di Jakarta Convention Center (JCC).

Dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah ini memperlihatkan keragaman dan inovasi industri kopi di Indonesia. Posisi Indonesia sebagai salah satu pasar konsumen terbesar di Asia, serta produsen terkemuka menjadi alasan dipilihnya Jakarta sebagai tuan rumah. 

Penyelenggaraan acara ini didukung oleh Kementerian BUMN sebagai bentuk komitmen BUMN membangun dan mengembangkan ekosistem kopi nasional. Dan menjadi kesempatan untuk memberikan peluang para petani kopi bertemu buyers. Hal ini disampaikan oleh Loto Srinaita Ginting, Staf Ahli Menteri BUMN Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM. 

"Ini kesempatan langka buat Indonesia. Para petani kopi bisa ikutan show-off langsung ke importir kopi dari seluruh dunia. Saya berharap ekspor kopi Indonesia bisa lebih banyak dan petani semakin sejahtera,” ucapnya.

Sebagai salah satu produsen kopi terbesar di Dunia dan Asia, Indonesia jadikan ajang ini kesempatan dalam membangkitkan perekonomian khususnya pada industri ini. 

Setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat sejak tahun lalu dan bersaing dengan berbagai negara, World of Coffee yang biasa dilaksanakan di negara konsumen, pada 2025 dilaksanakan di negara produsen kopi.

Hal ini disampaikan oleh Dwi Sutoro, Direktur Pemasaran PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Group selaku Ketua PMO Kopi Nusantara Kementerian BUMN yang ikut mendampingi SCAI selama proses seleksi hingga penandatanganan MoU. 

"Selama ini, event World of Coffee selalu diselenggarakan di negara konsumen. Kali ini kita ajukan di Indonesia sebagai negara produsen. Kita dorong agar para konsumen bisa melihat origin dari setiap beans yang mereka minum. Jadi tema event kita tahun depan adalah Back to the Origin," kata Dwi Sutoro. 

World of Coffee Jakarta 2025 menyoroti kekayaan alam Indonesia dan tentunya keunggulan kopi Indonesia. Sebagai negara penghasil kopi terkemuka seperti Sumatera, Jawa, dan Sulawesi, menawarkan kumpulan rasa dan tradisi yang kaya sehingga menjadi salah satu komoditas yang penting bagi perekonomian Indonesia. 

Ketua Umum AKSI SCAI, Daryanto Witarsa menyampaikan bahwa Indonesia selama ini dikenal sebagai negara produsen kopi ke-4 terbesar dunia dan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menyelenggarakan World of Coffee.

“Kami percaya dampak dari World of Coffee di Jakarta tahun 2025 akan sangat positif dan selaras dengan keinginan kita semua untuk membawa kopi Indonesia menuju pentas dunia,” ucap Daryanto.

Menyambut kegiatan tersebut, Michael Bayu Sumarijanto, Direktur Dyandra Promosindo menyambut antusias untuk bekerja sama dengan pemerintah dan para pemangku kepentingan dalam menghadirkan World of Coffee di Jakarta.

“Acara ini akan menjadi platform yang luar biasa bagi industri kopi Indonesia untuk memamerkan keberagaman dan kualitas kopi kita kepada dunia.” terang Michael.

Pengumuman ini juga menandai langkah besar bagi industri kopi Indonesia dalam memperkuat posisinya di pasar global.

Selain itu juga menjadi kesempatan berharga bagi para petani kopi Indonesia untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan peluang bisnis mereka.

Penulis: Agy Umbara

Belum ada Komentar untuk "World of Coffee Trade Show 2025, Indonesia Akan Menjadi Tuan Rumah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel